Kanker Tumor Jantung

Sunday, September 17th, 2017 - Penyakit

Kanker Tumor Jantung

Kanker tumor jantung merupakan penyakit yang teramat langka, sekitar seperempat penyakit di antara tumor jantung. Yang paling biasa ialah sarcomas yang berkembang dari selaput pembuluh darah. Tumor jantung sekunder jauh lebih biasa, tetapi bagaimanapun  itu sulit untuk disembuhkan.

Gejala Kanker Tumor Jantung

Gejala tumor jantung kanker primer pada hakekatnya sama dengan tumor jantung bukan kanker dan bervariasi tergantung pada lokasi tumor. Tetapi, gejala tumor kanker cenderung memburuk lebih cepat daripada tumor bukan kanker, karena tumor kanker bertumbuh jauh lebih cepat. Gejala lain termasuk perkembangan gagal jantung mendadak, irama jantung abnormal, dan pendarahan kantung di sekeliling jantung (pericardium), yang mungkin mengganggu fungsi jantung dan menyebabkan jantung tamponade. Tumor jantung kanker primer dapat menyebar (metastasize) ke tulang belakang, jaringan disekitarnya, atau organ seperti paru-paru dan otak.

Kanker Tumor jantung

Gejala tumor jantung sekunder sering termasuk menyebabkan tumor asli dan mungkin termasuk menyebabkan metastases tempat lain di badan. Kanker, seperti kanker paru-paru atau payudara, mungkin menjalar ke jantung oleh serbuan langsung, sering ke dalam perikardium; jantung mungkin menjadi padat karena kanker membuat darah dan cairan menumpuk. Kanker juga mungkin menyebar ke otot dan bilik jantung melalui aliran darah atau lewat sistem getah bening; kanker ini mungkin menyebabkan gejala gagal jantung.

Diagnosa Kanker Tumor Jantung

Prosedur yang digunakan untuk mendiagnosa tumor jantung kanker adalah sama dengan yang digunakan untuk mendiagnosa tumor jantung bukan kanker. Untuk tumor sekunder, prosedur dilakukan untuk menemukan tumor asli, kecuali kalau lokasinya sudah dikenal. Jika tumor di pericardium menyebabkan cairan menumpuk di seputar jantung, cairan itu mungkin dipaksa dikeluarkan. Pengobatan lain biasanya diperlukan dan tergantung pada tipe tumor. Seringkali, pengobatan memerlukan pembedahan.

Karena tumor jantung kanker baik primer maupun sekunder hampir tidak dapat sembuh, pengobatan didesain untuk mengurangi gejala. Bergantung pada tipe kanker tumor jantung, terapi radiasi, kemoterapi, atau keduanya.

Informasi terkait "Kanker Tumor Jantung"