Metode Pengobatan Penyakit Batuk

Friday, September 22nd, 2017 - Pengobatan

Pengobatan penyakit batuk dapat dilakukan dengan mengetahui jenis batuk yang diderita dan tingkat penyakit batuk tersebut, sehingga kita dapat menentukan obat yang tepat dalam pengobatan penyakit batuk yang kita alami tersebut. Pengobatan batuk tergantung dari tingkat keparahan batuk tersebut & penyebab awalnya.

Metode Pengobatan Penyakit Batuk

Metode Pengobatan Penyakit Batuk

Untuk mengobati penyakit batuk perlu diketahui penyebab dan tingkat keparahan penyakit batuk tersebut.

1. Pengobatan penyakit batuk akut

Pengobatan batuk akut ditujukan langsung untuk menurunkan kuantitas batuk sebagai tambahan dari mengobati penyebab awalnya.

  • Pengobatan simptomatik dari batuk dapat dilakukan melalui pemberian obat batuk, baik yang bisa dibeli bebas atau yang dengan resep dokter.
  • Batuk yang parah atau batuk yang mengganggu waktu tidur membutuhkan obat yang masuk dalam golongan narkotika. bila obat tersebut diberikan, sebaiknya hindari alkohol & mengemudikan kendaraan atau alat berat lainnya saat mengkonsumsi obat tersebut.
  • Jika dicurigai adanya infeksi bakteri, maka dokter seringkali akan memberikan obat antibiotika. Jika dicurigai penyebabnya adalah virus, maka pasien tidka akan mendapatkan manfaat dari pemberian antibiotika tersebut & akan  diberikan pengobatan yang ditujukan untuk mengatasi gejalanya saja.
  • Pada pasien lanjut usia, pasien dengan infeksi bakteri / virus yang parah & pasien dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, mungkin membutuhkan rawat inap di rumah sakit untuk mengatasi penyebab masalahnya.

2. Pengobatan penyakit batuk kronis

Pengobatan batuk kronis juga ditujukan untuk mengatasi kondisi dasarnya. Sangat penting untuk menerima bahwa pengobatan yang dijalani dapat susah dilakukan, dapat membutuhkan beberapa pendekatan yang berbeda & dapat juga tidak menghilangkan batuk seluruhnya.

  • Jika pasien mempunyai batuk yang disebabkan karena asap rokok, alergi atau bahan iritan dari lingkungan, maka dengan menghilangkan hal-hal tersebut akan dapat memperbaiki kondisinya. Mungkin diperlukan waktu beberapa minggu bagi dokter untuk dapat menilai respon dari pendekatan tersebut karena dibutuhkan waktu tertentu untuk memperbaiki kerusakan paru-paru & saluran pernafasan akibat terkena bahan iritan.
  • Jika pasien mempunyai penyakit paru-paru, maka ia akan membutuhkan terapi yang terus menerus untuk mengatasi kondisinya tersebut. Terapi yang digunakan sebagian besar tergantung dari jenis penyakitnya. Pengobatan yang berbeda secara bersamaan sering digunakan untuk membantu meredakan gejalanya. Kepatuhan
  • Bila batuk yang dialami oleh pasien dicurigai disebabkan karena pemberian obat tertentu, maka pasien akan menunjukkan perbaikan bila obat tersebut berhenti dikonsumsi. Bila hal ini terjadi, maka akan membutuhkan waktu beberapa minggu untuk batuk menjadi berhenti. Kemudian obat lain perlu diberikan untuk menggantikan obat yang berhenti dikonsumsi oleh pasien.
  • Bila pasien dicurigai mengalami batuk karena GERD, maka ia akan membutuhkan terapi untuk menurunkan kenaikan asam lambungnya. Hal ini biasanya dilakukan dengan perubahan pola makan & pemberian obat-obatan. Untuk keberhasilan penyembuhan mungkin dibutuhkan waktu tertentu & pemberian terapi yang berbeda.

Pencegahan Penyakit Batuk

Pencegahan batuk adalah dengan cara menghindari masalah kesehatan yang dapat menyebabkan terjadinya batuk. Aspek terpenting dalam pencegahan adalah dengan berhenti merokok & menghindari menjadi perokok pasif, terutama pada orang yang mempunyai asma, penyakit paru kronis & alergi lingkungan. Bagi orang yang mengalami GERD, maka pencegahannya dilakukan dengan cara perubahan pola makan, tidur dengan bagian kepala yang lebih tinggi & mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan. Bagi orang yang sedang menjalani pengobatan untuk penyakit paru kronis, maka tindakan pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan patuh menjalani pengobatan penyakit batuk yang diberikan oleh dokter.

Informasi terkait "Metode Pengobatan Penyakit Batuk"