Penyebab Bau Mulut Dan Cara Menghilangkan Bau Mulut

Saturday, October 18th, 2014 - Kesehatan, Penyakit

Bau mulut (halitosis) merupakan salah satu kondisi yang dapat membuat kita tidak percaya diri. Bau mulut dapat terjadi pada siapa saja, dari anak-anak hingga orant tua. Bau mulut atau halitosis dalam istilah medis, adalah nafas berbau busuk atau tidak menyenangkan, yang dapat bersifat akut atau kronis tergantung pada penyebabnya. Lebih tepatnya, bakteri yang berkembang pada lapisan yang hangat dan lembab pada lidah yang menyebabkan bau mulut.

bau mulut,menghilangkan baumulut,penyebab bau mulut,mencegah bau mulut,mengatasibau mulut,mengobati bau mulut

Banyak orang menemukan nafas mereka berbau tidak enak saat bangun di pagi hari. Hal ini normal dan terjadi karena mulut kering dalam semalam dan aliran air liur yang membasuh partikel makanan yang melambat saat kita tidur. Makanan dan alkohol dapat menyebabkan bau mulut sementara. Merokok dapat menyebabkan nafas bau dan mengurangi aliran air liur sehingga menimbulkan masalah, hal ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit gusi berkembang, yang merupakan salah satu lagi penyebab bau mulut.

Penyebab Bau Mulut

Bau mulut disebabkan dari kebersihan mulut yang kurang terjaga dan beberapa penyakit dalam dan penyakit saluran pencernaan. Penyebab umum bau mulut yang sering ditemui pada masyarakat adalah karena kebersihan mulut yang kurang terjaga dan penyakit pada gusi. Nafas bau pada mulut terjadi ketika bahan kimia aromatik tertentu larut di dalam mulut. Plak pada gigi dan gusi merupakan campuran dari bakteri, sisa makanan dan sel-sel mati yang terbentuk antara gusi dan gigi sehingga dapat  menyebabkan bau yang tidak enak.

Berikut Adalah Beberapa Kondisi Penyebab Bau Mulut

Bentuk yang paling umum dari bau mulut adalah bau mulut pagi hari, yang merupakan kondisi sementara karena faktor-faktor seperti merokok, stres mulut kering, atau kelaparan. Beberapa kondisi medis, seperti infeksi sinus, radang amandel, penyakit paru, penyakit ginjal, haid, kanker juga dapat menyebabkan bau mulut.

  1. Mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman dengan bau yang kuat dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang putih, tembakau dan alcohol.
  2. Kurang menjaga kebersihan gigi, yang dapat meninggalkan partikel makanan membusuk di dalam mulut.
  3. Melewatkan sarapan pagi, sarapan tidak hanya baik untuk perut Anda, tetapi juga untuk mulut Anda. Sarapan pagi dapat membantu Anda meningkatkan produksi air liur dalam mulut dan membersihkan lidah dari bakteri penyebab bau mulut.
  4. Diet dengan mengkonsumsi makanan yang kaya protein bisa memicu bau mulut. Hal ini dikarenakan asam amino bertindak sebagai tempat berkembang biaknya bakteri mulut.
  5. Mengkonsumsi obat yang menyebabkan bau mulut. Obat anti-depresan dan penghilang rasa sakit dapat mengeringkan mulut. Dengan tidak adanya air liur, bau mulut akan meningkat.

Penyakit Penyebabkan Bau Mulut

  1. Penyakit hati, penyakit hati, seperti sindrom lemak hati atau penyakit kuning, juga bisa membuat bau mulut tidak sedap. Hati bertanggung jawab untuk metabolisme lemak dan ketika hati tidak mampu melakukan tugas itu, jumlah bakteri dalam mulut akan meningkat.
  2. Sariawan, sariawan sering menyebabkan bau mulut tidak sedap karena pembentukan nanah dan infeksi.
  3. Perdarahan gusi, gusi berdarah membuat darah kadang-kadang menumpuk di dalam mulut sehingga akhirnya berbau tidak sedap.
  4. Infeksi tenggorokan, bila kita menderita infeksi tenggorokan, bakteri kadang-kadang memecah sel-sel dari saluran bronkial dan menghasilkan lendir yang berbau tidak sedap.
  5. Gagal ginjal, gagal ginjal merupakan salah satu alasan medis yang memicu bau mulut. Akibatnya, bau mulut selalu tercium tidak sedap.
  6. Apnea tidur, orang yang menderita apnea tidur tidak bisa bernapas melalui hidung. Akibatnya, mereka harus bernapas melalui mulut. Itu sebabnya, udara mengeringkan air liur dan memicu bau mulut.

Menghilangkan Bau Mulut

Menghilangkan bau mulut dapat dilakukan dengan beberapa metode, berikut adalah beberapa langkah yang dapat mengobati bau mulut.

  1. Gosok gigi dan lidah dengan benar dan teratur, Karena penyebab bau mulut adalah adanya kuman pada gigi dan lidah, gosoklah gigi dan lidah dengan baik. Gosoklah gigi minimal dua kali sehari. Akan lebih baik lagi bila Anda bisa menggosok gigi 1-2 setelah makan atau sebelum tidur. Bila Anda memakan makanan manis, segera menggosok gigi setelahnya agar gula tidak menempel pada gigi dan menyebabkan gigi berlubang, dan akhirnya menimbulkan bau mulut tak sedap.
    Kuman-kuman juga terdapat pada lidah, maka gosoklah lidah Anda. Saat ini sudah banyak dijual sikat lidah.
  2. Berkumur dengan obat kumur, Obat kumur (mouthwash) dapat membersihkan sisa-sisa makanan dan kuman pada mulut sampai ke sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau sikat gigi.
  3. Penuhi konsumsi air minum dalam tubuh, Mulut yang kering dapat membuat bakteri berkembang dengan cepat di mulut. Maka, konsumsilah air yang cukup agar mulut tetap basah dan lembap.
  4. Selektif dalam memilih jenis makanan, Makanan tertentu dapat menimbulkan bau mulut yang tak sedap, seperti petai dan jengkol. Maka, perbanyaklah mengonsumsi makanan segar seperti sayur dan buah-buahan.
  5. Pola hidup yang sehat, Merokok dan meminum alkohol selain berbahaya bagi tubuh juga dapat menimbulkan bau tak sedap pada mulut.

Mencegah Bau Mulut

Mencegah bau mulut bisa dilakukan dengan mengontrol makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Jus buah dan sayuran dapat membantu dalam mencegah bau mulut, penggunaan penyegar napas, mint, permen karet dan minum teh hijau serta yoghurt juga dapat membantu dalam “pencegahan bau mulut”.

Informasi terkait "Penyebab Bau Mulut Dan Cara Menghilangkan Bau Mulut"