Penyumbatan Jantung

Monday, November 10th, 2014 - Penyakit

Penyumbatan jantung merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja baik laki-laki maupun perempuan. Penyakit penyumbatan jantung juga dikenal dengan istilah “penyumbatan arteri jantung. Penyakit penyumbatan jantung ini tidak hanya menyerang orang tua atau manula saja tetapi juga menyerang orang yang masih muda. Pola makan dan kurang olah raga menjadi faktor terjadinya penyumbatan arteri jantung.

Deskripsi Penyumbatan Jantung

Dalam ilmu kedokteran penyumbatan jantung adalah penundaan pada konduksi arus listrik sewaktu melewati batang atrioventicular, berkas pada His, atau kedua cabang berkas, seluruhnya terletak di antara atria dan bilik jantung. Beberapa jenis pada jantung tersumbat tidak menyebabkan gejala-gejala, tetapi yang lainnya menyebabkan kelelahan, pusing dan pingsan. Elektrodiografi digunakan untuk mendeteksi jantung tersumbat. Beberapa orang memerlukan alat pacu jantung buatan.

Penyumbatan Jantung,Gambar Jantung,arteri jantung,bagian jantung,gambar pembuluh jantungJantung tersumbat dikelompokkan sebagai tingkat-pertama ketika konduksi listrik menuju bilik jantung sedikit terhambat, tingkat-dua ketika konduksi tersumbat sementara, atau tingkat-tiga (lengkap) ketika konduksi sepenuhnya tersumbat. Kebanyakan jenis penyumbatan jantung lebih sering terjadi pada orang tua.

Tingkatan Penyumbatan Jantung

  1. Penyumbatan jantung tingkat-pertama, setiap impuls listrik dari atria mencapai bilik jantung, tetapi masing-masing melambat untuk pecahan kedua sebagaimana bergerak melalui batang atrioventricular. Penyumbatan jantung tingkat-pertama adalah sering terjadi pada atlit yang dilatih dengan baik, para remaja, dewasa muda, dan orang dengan syaraf vagus aktif yang tinggi. Meskipun begitu, gangguan tersebut juga terjadi pada orang dengan gangguan jantung rematik, sarcoidosis yang mempengaruhi jantung, atau gangguan struktur jantung lainnya. Yang kemungkinan disebabkan oleh obat-obatan, terutama yang memperlambat konduksi impuls listrik sepanjang batang atrioventricular (seperti beta-blocker, diltiazem, verapamil, digoxin, dan amiodarone). Gangguan ini jarang menyebabkan gejala-gejala dan bisa dideteksi hanya dengan electrocardiuography (ECG), yang memperlihatkan konduksi tertunda.
  2. Penyumbatan jantung tingkat-dua, hanya beberapa impuls listrik mencapai ventricle. Jantung bisa berdetak dengan lambat, tidak teratur, atau keduanya. Beberapa bentuk pada penyumbatan jantung tingkat-dua menuju penyumbatan jantung tingkat-tiga.
  3. Penyumbatan jantung tingkat-tiga , tidak terdapat gerakan dari atria yang mencapai bilik jantung, detak dan irama jantung dikendalikan dengan batang atrioventricular, berkas His, atau bilik jantung itu sendiri. Alat pacu jantung buatan pengganti ini lebih lambat dibandingkan alat pacu jantung buatan normal (sinus atau batang sinoatrial) dan seringkali tidak teratur dan tidak dapat diandalkan. Dengan demikian, bilik jantung berdenyut sangat lambat-kurang dari 50 denyut per menit dan kadangkala 30 denyut permenit. Penyumbatan jantung tingkat -tiga adalah aritmia yang serius yang dapat memepengaruhi kemampuan memompa jantung. Lelah, pusing, dan pingsan adalah umum. Ketika bilik jantung berdenyut lebih cepat dari 40 denyut per menit, gejala-gejala sedikit berat.

Gejala Penyumbatan Jantung

  1. Sakit pada jantung, jika Anda merasakan rasa sakit yang tajam pada bagian jantung, seolah Anda tengah ditusuk oleh pisau, waspadalah. Ada baiknya Anda segera memeriksakan diri dan kesehatan jantung Anda. Rasa sakit seperti ditikam adalah salah satu tanda umum yang menunjukkan adanya penyumbatan pada arteri.
  2. Disfungsi ereksi pada pria, masalah seksual tak hanya berkaitan dengan kesuburan, namun juga bisa menunjukkan adanya masalah pada jantung. Jika pria sering mengalami kesulitan ereksi atau masalah seksual lainnya, bisa jadi itu akibat arteri yang tersumbat pada bagian pelvis. Hal ini biasanya terjadi sebelum seseorang mengalami serangan jantung.
  3. Lelah, arteri yang tersumbat menyebabkan aliran darah yang tak lancar. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih mudah lelah dan capek. Meski terlihat remeh, namun jangan abaikan hal ini. Ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter ketika Anda terlalu sering merasa lelah tanpa alasan yang jelas.
  4. Mulas, mulas atau heartburn seringkali dikaitkan dengan masalah pencernaan. Namun jika pencernaan Anda tak bermasalah namun sering mengalami mulas atau heartburn setiap hari, waspadalah. Itu bisa jadi tanda-tanda awal arteri yang tersumbat.
  5. Sulit tidur, kualitas tidur yang menurun dan kesulitan tidur adalah salah satu hal yang tak boleh diabaikan karena ini bisa jadi salah satu tanda awal dari serangan jantung. Stres, depresi, dan kecemasan juga memiliki peran dalam menyebabkan masalah pada jantung dan arteri. Jika Anda sering kesulitan tidur tanpa alasan, periksakan diri segera.
  6. Susah konsentrasi, jarang ada orang yang mengaitkan susah konsentrasi dengan arteri yang tersumbat. Namun ini memang fakta. Salah satu gejala awal arteri yang tersumbat adalah susahnya konsentrasi dan merasa tak ingin melakukan apapun. Untuk mencegah hal ini memicu serangan jantung, lakukan yoga setiap hari.
  7. Masalah pernafasan, ketika arteri mengalami penyumbatan, Anda akan merasa kesulitan bernapas. Sering merasa lelah dan sering mengalami kesulitan bernapas adalah tanda-tanda umum yang biasanya terjadi ketika seseorang mengalami penyumbatan arteri.
  8. Kebotakan, kebotakan terutama di bagian depan kepala adalah salah satu tanda arteri yang tersumbat. Hal ini bisa terjadi pada pria maupun wanita. Jika Anda mengalami kebotakan di bagian tersebut, sebaiknya waspadalah dan periksakan diri Anda segera.
  9. Nyeri pada betis, nyeri betis tak hanya bisa terjadi ketika Anda kelelahan berjalan, tetapi juga ketika Anda mengalami arteri yang tersumbat.Hal ini biasanya terjadi pada perokok. Tanda-tandanya adalah adanya nyeri betis saat berjalan atau berolahraga.
  10. Perubahan lipatan telinga, terjadinya perubahan pada lipatan daun telinga juga menunjukkan gejala arteri yang tersumbat. Hal ini disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk dari arteri atau jantung. Tak ada salahnya untuk mengecek bentuk lipatan daun telinga Anda. Jika mengetahui ada yang aneh, periksakan ke dokter.

Metode Pengobatan Penyakit Penyumbatan Jantung

Penyumbatan jantung tingkat-pertama tidak membutuhkan pengobatan bahkan ketika pengobatan ini disebabkan oleh gangguan jantung. Beberapa orang dengan penyumbatan jantung dengan tingkat-kedua membutuhkan alat pacu jantung buatan. Hampir semua orang dengan penyumbatan jantung tingkat-ketiga membutuhkan alat pacu jantung buatan.

Alat pacu jantung sementara kemungkinan digunakan dalam keadaan darurat sampai yang permanen bisa ditanam. Kebanyakan orang membutuhkan alat Bantu jantung buatan untuk sisi hidup mereka, meskipun detak jantung bisa kembali normal jika penyebab pada penyumbatan jantung bisa dipecahkan-misalnya, setelah pemulihan dari serangan jantung.

Informasi terkait "Penyumbatan Jantung"